Al-Quran Menjelaskan Fenomena Kini

Pengenalan

Jika kita benar-benar mengkaji ayat-ayat Al-Quran memang tidak ada keraguan lagi bahwa "Al-Quran menjelaskan segala-galanya"
Dan (ingatlah tentang) hari Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat, seorang saksi terhadap mereka, dari golongan mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) untuk menjadi saksi terhadap mereka ini (umatmu) dan Kami turunkan kepadamu Al-Quran menjelaskan tiap-tiap sesuatu dan menjadi hidayat petunjuk, serta membawa rahmat dan berita yang menggembirakan, untuk orang-orang Islam.
(An-nahla 16:89)

Bahkan "tidak ada apa-apa yang tertinggal (semuanya terkandung) di dalam Al-Quran"



Dan tidak seekor pun binatang yang melata di bumi dan tidak seekor pun burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan mereka umat-umat seperti kamu. Tidak Kami tinggalkan sesuatu pun di dalam kitab Al-Quran ini; kemudian mereka semuanya akan dikumpulkan kepada Tuhan mereka (untuk dihisab dan menerima balasan).
(Al-An'am 6:38)



Al-Qur'an menjelaskan tentang ilmu ICT, sistem administrasi, pembangunan prasarana, cara mendidik dan berpikir, dan segala fenomena yang terjadi seperti bagaimana matahari naik dari barat, dan kenapa terjadi kehilangan lebah madu.

Al-Quran Menjelaskan Teknologi ICT

Al-Quran telah menjelaskan ilmu ICT sejak 1400 lagi. Misalnya pada surat Az-Zaariyat (51:1-11).


Demi angin yang menerbang dan menaburkan (debu, biji-bijian benih dan lain-lainnya), dengan penerbangan dan penaburan yang sesungguh-sungguhnya; (1) Dan awan yang membawa dan mengangkut muatannya (ke tempat yang diinginkan); (2) Dan kapal -kapal yang berlayar dengan fasilitas yang diberikan kepadanya; (3) Dan malaikat-malaikat yang membagi-bagikan segala sesuatu yang mereka ditugaskan membahagikannya; (4) (sumpah demi sumpah) bahwa sesungguhnya segala yang dijanjikan kepada kamu (tentang hari akhirat) tetap benar; (5) Dan bahwa sesungguhnya balasan amal, tetap terjadi. (6) Demi langit yang memiliki jalan-jalan yang berbagai bentuk keadaannya, (7) Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan berbeda pendapat (tentang agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw). (8) dipalingkan dari (perselisihan) itu orang-orang yang telah dipalingkan Allah (dengan sebab keikhlasannya mencari kebenaran). (9) Binasalah orang-orang yang selalu mengeluarkan pendapat dengan cara agak-agak saja, (10) (Yaitu) orang-orang yang terbenam dalam kebodohan, serta lalaikan (hari pembalasan). (11)
Az-Zaariyat (51:1-11)

Ada sebelas ayat berurutan yang tersusun rapi yang menjelaskan dengan rinci teknologi komunikasi nirkabel termasuk menjelaskan efek pada otak dan pemikiran manusia. Apakah ini satu kebetulan? Atau apakah Nabi Muhammad SAW pernah belajar ICT?


 Fenomena Kehilangan Koloni Lebah-madu Menakutkan


Sekarang para ilmuwan barat kebingungan kenapa secara tiba-tiba bisa terjadi 'kehilangan' koloni lebah-madu di 4 benua dan mengesyakki polusi elektromagnetik dari penggunaan ponsel sebagai penyebab utama. Kenapa frekuensi rendah seperti 60Hz dan 250Hz mengganggu perjalanan lebah-madu sehingga tersesat dan tidak dapat kembali ke sarang masing-masing? Kenapa Al-Quran jelaskan lebah-madu telah dikhususkan "jalan-jalan" nya (16:69)

Kemudian makanlah dari tiap-bungaan dan buah-buahan (yang engkau sukai), dan ikutilah jalan-jalan Tuhanmu yang diilhamkan dan dimudahkannya kepadamu. (Dengan itu) akan keluar dari dalam badannya minuman (madu) yang bermacam warnanya, yang mengandung penawar bagi manusia (dari berbagai penyakit). Sesungguhnya pada yang demikian itu, ada tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mau berpikir.
(An-nahla: 69)

Dan sarang-sarangnya harus di tempat tinggi (16:68)

Dan Tuhanmu memberi ilham kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di gunung-gunung dan di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.
(An-nahla: 68)

Untuk lebih memahami lihat: Urutan kata madu di Dalam Al-Quran

Quran Jelaskan Penyakit Kanker


 Makan kurma bersama anggur baik untuk mencegah kanker

Selain dari kehilangan koloni lebah-madu, para ilmuwan juga khawatir terhadap efek pencemaran radiasi elektromagnetik seperti dari penggunaan ponsel, Wi-Fi, Wi-Max, lampu hemat energi, dan peralatan listrik karena telah menyebabkan sel-sel DNA rusak, terjadi ketidakseimbangan iron (besi), ion, dan kalsium dalam sel-sel tubuh. 


Kenapa Al-Quran menyuruh manusia memakan kurma bersama anggur? Penelitian menemukan kurma banyak mengandung zat besi, dan zat besi dalam buah hanya dapat diserap ketika dimakan dengan vitamin C. Begitu juga kalenjar pinil yang merembes hormon melatonin mengandung banyak mineral besi, dan hormon melatonin ini adalah juga antioxidan yang bisa mencegah kanker. Apakah Nabi Muhammad SAW seorang ahli gizi dan dokter?

Allah Melarang Berpikir Cara Induktif

Allah memperli manusia yang mengubah cara berpikir dari deduktif ke induktif, konon ide dan pengamatan mereka lebih hebat dari Al-Quran (10:35-37)




Bertanyalah (wahai Muhammad): Apakah di antara makhluk-makhluk yang kamu mempersekutukan dengan Tuhan itu, siapa yang dengan memberi petunjuk kepada kebenaran? Katakanlah: Allah-lah yang memberi petunjuk kepada kebenaran; (kalau sudah demikian) maka apakah yang akan memberi petunjuk kepada kebenaran itu, lebih berhak diikuti atau yang tidak dapat memberi suatu petunjuk melainkan sesudah dia diberi hidayat petunjuk? Maka apakah alasan sikap kamu itu? Bagaimana kamu mengambil keputusan (dengan hal yang salah, yang tidak dapat diterima oleh akal)? (35) Dan kebanyakan mereka, tidak menurut melainkan sesuatu sangkaan saja, (padahal) sesungguhnya sangkaan itu tidak dapat memenuhi kehendak menentukan sesuatu dari kebenaran (iktiqad). Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka lakukan. (36) Dan bukanlah Al-Quran ini sesuatu yang bisa diada-adakan oleh yang lain dari Allah; tetapi Al-Quran itu diturunkan oleh Allah untuk membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan untuk menjelaskan satu persatu hukum-hukum Syarak yang diwajibkan (pada kamu); tidak ada keraguan dan ragu-ragu pada Al-Quran itu pada datangnya dari Allah, Tuhan yang menciptakan dan mengatur semesta alam. (37)
(Yunus :35-37)


Kemudian pada ayat 8:53, Allah melaknat umat Islam sebab mereka telah mengubah apa yang ada dalam diri mereka (cara berpikir). Apakah ini berarti umat Islam terhina sebab dilaknati Allah karena mereka telah mengubah apa yang ada dalam diri mereka?

Kenapa manusia sekarang tidak lagi pandai "berpikir dua kali"? Misalnya bila kita melarang rokok ada yang menjawab "semua teman saya merokok, tak ada pun yang kena kanker?" Bila ditanya kenapa harus berbelanja besar untuk memperindah kuburan, dia jawab "Hai, orang Kristen bisa ada kubur cantik, orang cina ada kuburan cantik, orang india ada kubur cantik, malulah kita orang Islam tidak ada kuburan cantik! ". Berikut adalah contoh-contoh berpikir cara induktif yang dilarang dalam Al-Quran (6:115-116).


Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran, meliputi hukum-hukum dan janji-janjiNya) dengan benar dan adil; tiada siapa yang dapat mengubah suatu kalimat-kalimat dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (115) Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang yang ada di muka bumi, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah; tiadalah yang mereka mengikuti persangkaan belaka-mata dan mereka tidak lain hanyalah berdusta. (116)
(Al-An'aam :115-116)


Otak dan Komputer "berpikir" secara Deduktif


Tahukah Anda perangkat lunak komputer tidak akan berhasil jika dibangun dengan metode induktif? Hanya deduktif metode saja yang berhasil bangun sistem terkomputerisasi. Kenapa teori-teori ilmiah tidak akan diterima selama tidak dibuktikan secara deduktif? Kenapa para pemikir pada zaman kegemilangan Islam berpikir secara deduktif (ahli astronomi, matematika, dan sebagainya).

Kenapa Al-Quran menyuruh khusyuk dalam shalat (4:43)?

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu dekati shalat (mengerjakannya) sedang kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar dan mengetahui akan apa yang kamu katakan dan janganlah pula (hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan Junub (berhadats besar) kecuali kamu ingin melintas saja sampai kamu mandi bersuci dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau salah seorang di antara kamu datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air (untuk mandi atau berwudhu), maka hendaklah kamu bertayamum dengan tanah (debu ) yang suci, yaitu sapukanlah ke muka kamu dan kedua tangan kamu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf, lagi Maha Pengampun.
(An-Nisa: 43)

Apa kaitan khusyuk dengan "consciousness" (tingkat sadar), energi elektromagnetik, sel-sel otak, dan cara berpikir? (lihat: shalat dan Gelombang Theta)

Otak "berpikir" Menggunakan Elektromagnetik

Pada 2002, Johnjoe McFadden mengemukakan teori "CEMI field" yang mengatakan otak manusia "berpikir" dengan cara menggunakan elektromagnetik field. Kenapa teori ini hampir sama dengan teori Al-Quran. Apakah ini satu kebetulan, atau McFadden pernah mempelajari Al-Quran?
Matahari Terbit Dari Barat Sebab Bulan Merekah?



Ilmuwan barat telah membuat beberapa teori tentang "Matahari Terbit dari Barat" dan Al-Quran juga ada teorinya. Al-Quran mengatakan ia bersumber dari bulan merekah (lanjut di sini: Bagaimana Matahari Terbit Dari Barat), kemudian bumi jadi tertonggeng yaitu kutub utara jadi selatan, dan selatan jadi utara (15:74).


Maka Kami jadikan negeri kaum Luth itu tunggang-balik (tertimbus segala yang ada di muka buminya) dan kami hujani atasnya dengan batu dari tanah yang dibakar.
(Al-Hijr: 74)

Bila dikaji secara ilmiah ia amat logis sebab bumi adalah satu magnet besar, dan bulan pula saat merekah akan memancar energi listrik ke arah bumi.


Sistem Administrasi Islam


Al-Quran juga memberikan panduan yang jelas bagaimana mengelola negara. Misalnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membangun prasarana (22:41)


Yaitu mereka (umat Islam) yang jika Kami berikan mereka kekuasaan memerintah di bumi niscaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat, dan mereka menyuruh berbuat kebaikan dan melarang dari melakukan kejahatan dan hal yang mungkar dan (ingatlah) untuk Allah-lah kesudahan segala urusan.
(Al-Hajj: 41)

Dan mengadakan potfolio seperti Khalifah, mufti, imam, ulul-albab, saabiqun bil-khairat, al-mutawassimin, dan para amil (pengelola zakat). Kemudian mewajibkan KPI "Praktek Pembaikkan" (41:33).




Dan tidak ada yang lebih baik perkataannya dari orang yang menyeru kepada (mengesakan dan mematuhi perintah) Allah, dan dia sendiri mengerjakan amal yang saleh, sambil berkata: Sesungguhnya aku adalah dari orang-orang Islam (yang berserah kepada Allah)
(Fushshilat: 33)


Tahukah Anda siapa dan apa tugas Saabiqun Bil-Khairat, dan siapa dia Al-Mutawassimin?


Siapa Yang Sebenarnya "AMIL"?

Siapa seharusnya yang menjadi Amil, orang yang mengutip uang zakat atau orang yang membagi uang zakat? Kenapa "Amil" dimasukkan ke dalam 8 asnaf? Kenapa para amil dikira orang yang susah? Apakah sebab dia duduk di masjid mengutip uang zakat atau sebab terpaksa turun lapangan menemukan 7 asnaf yang lain? Kenapa para amil harus tahu dan mengenal mereka? Harus tahu masalah dan kebutuhan orang-orang susah seperti memperbaiki atap bocor, meyediakan air bersih, memastikan kesehatan terjaga, memastikan ada makanan untuk anak-anak, dan sebagainya?

Kenapa Amil harus mengkaji dan menganalisa trend 7 asnaf; apakah tingkat kesulitan menaik atau menurun, jika naik kenapa? apakah sebab gaji kecil dan anak banyak, atau harga barang melambung naik. Bukankah ini satu pekerjaan yang tersangat susah dan rumit (tetapi amat strategis)? Bukankah ini satu sistem administrasi yang sangat baik, adil, efisien dan sistematis?

amalan solehan

Di Amerika Serikat konsep "amalan solehan" dikenal sebagai "continous improvement" dan di Jepang di kenal sebagai "Kaizen". Amerika menerapkan "continous Improvement" bisa menjadi negara maju dan kekuatan ekonomi terbesar dunia. Jepang menerapkan "Kaizen" menjadi negara ke dua canggih. Kenapa umat Islam yang memperkenalkan konsep ini menjadi antara negara yang termundur?

Al-Qur'an menentukan "pekerjaan pembaikkan" sebagai suatu pekerjaan yang dapat menambah-baik sesuatu kondisi seperti bergaul dan mengembirakan anak-anak yatim (2:220).

Tentang (urusan-urusan kamu) di dunia dan di akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad), mengenai (masalah) anak-anak yatim. Katakanlah: Memperbaiki kondisi anak-anak yatim itu alangkah baiknya dan jika kamu bercampur gaul dengan mereka (maka tidak ada salahnya) karena mereka itu adalah saudara-saudara kamu (yang seagama) dan Allah mengetahui orang yang merusak (harta benda mereka) dari orang yang ingin memperbaikinya. Dan jika Allah menghendaki tentulah Dia memberatkan kamu (dengan mengharamkan bercampur gaul dengan mereka). Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(Al-Baqarah: 220)

Atau mereka-cipta sesuatu peralatan atau medis yang canggih lagi hebat seperti memulihkan wanita mandul agar dapat hamil (21:90).

Maka Kami memperkenankan doanya dan Kami kurniakan kepadanya (anaknya) Yahya, dan Kami perelokkan kondisi istrinya yang mandul, (untuk melahirkan anak) baginya. (Kami limpahkan berbagai ihsan kepada Rasul-rasul itu adalah karena) sesungguhnya mereka senantiasa berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan dan selalu berdoa kepada kami dengan penuh harapan serta gerun takut dan mereka selalu khusyuk (dan taat) kepada Kami.
(Al-Anbiya: 90)

Al-Quran juga menjelaskan setiap orang yang mengaku Islam harus menjadi "pekerjaan pembaikkan" sebagai KPI (key performance indicator) dalam hidup mereka. Bahkan Al-Quran menempatkan Persyaratan kepada setiap pemimpin Islam agar menjadi "pekerjaan pembaikkan" sebagai KPI jika untuk terus diangkat jadi pemimpin.

Kenapa Umat Islam Tidak Menjana Ilmu?

Statistik dunia menunjukkan umat Islam hanya mengeluarkan kira-kira 3% ilmu ilmiah, itu pun yang bermutu rendah. Kenapa jadi begini? Kenapa umat Islam tidak mau mengkaji dan mengeluarkan ilmu dari Al-Quran?

0 Response to "Al-Quran Menjelaskan Fenomena Kini"

Posting Komentar