Sungai Terpanjang Di Dunia

1. Sungai Amazon
Panjang : 6,695 KM

Sungai Amazon Amerika Selatan adalah sungai terbesar di dunia dengan total aliran sungai lebih besar dari sepuluh sungai terbesar gabungan. Amazon, yang memiliki aliran sungai terbesar di dunia, menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia.


Di atasnya terbentang sungai Amazon disebut Apurímac (di Peru) dan Solimões (di Brasil). Selama musim hujan, bagian dari Amazon melebihi 190 kilometer (120 mil) lebarnya. Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai. Pada titik tidak ada Amazon dilintasi jembatan. Hal ini bukan karena dimensi yang besar, bahkan, untuk sebagian besar panjangnya, lebar Amazon baik dalam kemampuan insinyur modern untuk jembatan. Namun, sebagian besar sungai mengalir melalui hutan hujan tropis, dimana terdapat beberapa jalan dan kota-kota bahkan lebih sedikit, sehingga tidak perlu untuk penyeberangan.


Sedangkan Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan ukuran paling, saat ini dalam konsensus komunitas geografis menyatakan bahwa Amazon adalah sungai terpanjang kedua, hanya sedikit lebih pendek dari Sungai Nil. Namun, beberapa ilmuwan, khususnya dari Brazil dan Peru, sengketa ini (lihat bagian bawah).

Drainase Area

Basin Amazon, cekungan drainase terbesar di dunia, mencakup sekitar 40 persen dari Amerika Selatan, wilayah sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2.720.000 sq mi). Hal mengumpulkan air dari 5 derajat lintang utara sampai 20 derajat lintang selatan. sumber yang paling Its jauh ditemukan di dataran tinggi inter-Andes, hanya jarak pendek dari Samudra Pasifik.

Sungai Amazon dan anak sungainya lebih dari tiga kali lipat selama setahun. Dalam musim kemarau rata-rata 110.000 kilometer persegi (42.000 sq mi) dari tanah adalah air yang tertutup, sedangkan pada musim hujan, daerah banjir dari Amazon meningkat menjadi 350.000 kilometer persegi (140.000 sq mi).

Jumlah air yang dikeluarkan oleh Amazon ke Samudra Atlantik sangat besar: hingga 300.000 meter kubik (11.000.000 cu ft) per detik pada musim hujan. Amazon bertanggung jawab untuk sekitar 20% dari total volume air tawar yang masuk ke laut. Minum air dapat ditarik dari laut, namun tetap tidak terlihat dari garis pantai, dan salinitas air laut terutama lebih rendah 500 kilometer (310 mil) ke laut.

Ada serikat air alami antara Amazon dan cekungan Orinoco, saluran Casiquiare disebut. Sebenarnya Casiquiare adalah cabang sungai dari Orinoco atas, yang mengalir ke selatan ke Rio Negro, yang pada gilirannya mengalir ke Amazon. The Casiquiare adalah sungai terbesar di planet yang menghubungkan dua sistem sungai besar, sebuah bifurkasi yang disebut.

Asal Usul

Sungai Amazon memiliki serangkaian sistem sungai utama di Peru dan Ekuador, beberapa yang mengalir ke Marañón dan Ucayali, yang lain langsung ke yang tepat Amazon. Antara lain, ini meliputi sungai berikut: Morona, Pastaza, Nucuray, Urituyacu, Chambira, Tigre, Nanay, Napo, dan Huallaga.

Sumber paling jauh dari Amazon tegas didirikan pada tahun 1996, tahun 2001, dan 2007 sebagai sungai es di snowcapped 5.597 m (18.363 kaki) peak disebut Nevado Mismi di Andes Peru, sekitar 160 km (99 mil) barat Danau Titicaca dan 700 km (430 mil) tenggara Lima. Air dari aliran Mismi Nevado ke Carhuasanta Quebradas dan Apacheta, yang mengalir ke Río Apurímac yang merupakan anak sungai dari Ucayali yang kemudian bergabung dengan Marañón untuk membentuk tepat Amazon. (Sementara ini adalah titik di mana tempat geografer paling awal yang tepat Amazon, di sungai Brasil dikenal saat ini sebagai Solimões das Aguas) Tak lama kemudian. Air berwarna gelap dari Rio Negro memenuhi berpasir berwarna Rio Solimões , dan 6 untuk lebih dari km (4 mil) perairan ini berjalan berdampingan tanpa pencampuran.

Setelah pertemuan Río Apurímac dan Ucayali, sungai permukaan daun Andes dan bukan dikelilingi oleh dataran banjir. Dari titik ini untuk `itu Marañón, sekitar 1.600 km (990 mil), bank hutan hanya keluar dari air, dan kebanjiran jauh sebelum mencapai banjir sungai-line maksimumnya. Bank-bank sungai rendah terganggu oleh hanya beberapa bukit, dan sungai memasuki Amazon Rainforest besar.

Sistem sungai dan dataran banjir di Brasil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Venezuela yang airnya mengalir ke Solimões dan anak sungainya disebut "Upper Amazon". Sungai Amazon yang tepat menjalankan sebagian besar melalui Brazil dan Peru, dan anak sungai 
telah mencapai ke Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan Bolivia.

Banjir

Tidak semua anak sungai Amazon itu banjir di waktu yang sama tahun. Banyak cabang mulai banjir pada bulan November, dan akan terus meningkat sampai Juni. Bangkitnya Rio Negro dimulai pada bulan Februari atau Maret, dan juga mulai surut pada bulan Juni. Madeira naik dan turun dua bulan lebih awal daripada sebagian besar sisa Amazon.

Kedalaman rata-rata sungai di puncak musim hujan adalah 40 meter (130 kaki) dan lebar rata-rata dapat hampir 40 km (25 mil).

Sungai utama (yang berada di antara sekitar satu dan enam mil (10 km) lebar) adalah dinavigasi untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, 1.500 kilometer (930 mil) dari mulut ke hulu. kapal laut lebih kecil dari 3.000 ton atau 9.000 ton dan 5,5 meter (18 kaki) draft dapat mencapai sejauh Iquitos, Peru, 3.600 km (2.200 mi) dari laut. Kapal sungai kecil dapat mencapai 780 kilometer (480 mil) lebih jauh sebagai Achual Point. Selain itu, perahu kecil sering naik ke Pongo de Manseriche, tepat di atas Achual Point.

Geografi

Di beberapa titik, untuk jarak jauh, sungai terbagi menjadi dua aliran utama dengan saluran pedalaman dan lateral, semua terhubung dengan sistem yang rumit dari kanal alam, memotong rendah, datar igapó tanah, yang tidak pernah lebih dari 5 meter (16 kaki) di atas sungai rendah, menjadi banyak pulau.

Dari kota Canaria di belokan Amazon besar untuk orang-orang Negro, hanya tanah sangat rendah ditemukan, menyerupai yang di mulut sungai. [Rujukan?] Area luas tanah di wilayah ini terendam di air yang tinggi, di atas yang hanya bagian atas pohon-pohon hutan suram muncul. Dekat mulut Rio Negro untuk Serpa, hampir sebaliknya sungai Madeira, tepi Amazon rendah, sampai mendekati Manaus, mereka naik ke bukit-bukit menjadi. Pada Óbidos, tebing 17 m (56 kaki) di atas sungai didukung oleh bukit-bukit rendah. Amazon rendah tampaknya dulunya teluk Samudra Atlantik, perairan yang dicuci tebing dekat Óbidos.

Hanya sekitar 10% dari air diberhentikan oleh Amazon memasuki aliran besar hilir Óbidos, sangat sedikit yang dari lereng utara lembah. Daerah drainase dari Amazon Óbidos di atas kota adalah sekitar 5 juta kilometer persegi (2.000.000 sq mi), dan, di bawah ini, hanya sekitar 1 juta kilometer persegi (400.000 sq mi atau sekitar 20%), eksklusif dari 1,4 juta kilometer persegi ( 540.000 sq mi) dari Tocantins basin.

Di hilir sungai, bank utara terdiri dari serangkaian bukit yang curam, meja berlapis memperpanjang untuk sekitar 240 kilometer (150 mil) dari berlawanan mulut Xingu sejauh Monte Alegre disambiguasi. Bukit-bukit ini ditebang untuk semacam teras yang terletak antara mereka dan sungai.

Di tepi selatan, di atas Xingu, garis tak terputus hampir-tebing rendah yang berbatasan dengan dataran banjir-meluas hampir ke Santarém, dalam serangkaian kurva lembut sebelum mereka membungkuk ke arah barat-selatan, dan berbatasan atas Tapajós lebih rendah, menggabungkan diri ke tebing yang membentuk teras margin lembah sungai Tapajós.

2. Sungai Nil
Panjang : 6.650 KM 

Nil adalah sungai yang mengalir di utara Afrika, umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Memiliki dua sungai besar, Sungai Nil Putih dan Nil Biru, yang terakhir merupakan sumber dari sebagian besar air Sungai Nil dan tanah yang subur, tapi yang pertama menjadi lebih lama dari dua. Sungai Nil Putih meningkat di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber yang paling jauh di Rwanda selatan dan mengalir ke utara, dari sana melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan selatan, sementara sungai Nil Biru dimulai pada Danau Tana di Ethiopia mengalir ke Sudan dari tenggara. 


Dua sungai bertemu dekat ibukota Sudan KhartoumThe bagian utara sungai mengalir hampir seluruhnya melalui padang gurun, dari Sudan ke Mesir, sebuah negara yang memiliki peradaban tergantung pada sungai sejak zaman kuno. Sebagian besar penduduk Mesir dan kota-kota terletak di sepanjang bagian-bagian utara lembah Nil Aswan, dan hampir semua situs budaya dan sejarah Mesir Kuno ditemukan di sepanjang tepi sungai. Sungai Nil berakhir dengan delta besar yang bermuara di Laut Mediterania.


Etimologi

Kata "Nil" berasal dari Neilos Yunani, derivasi diketahui. Dalam bahasa Mesir kuno, Nil disebut 'pi atau iteru,? Berarti "sungai besar", yang diwakili oleh hieroglif ditampilkan pada itrw (kanan secara harfiah, dan' perairan 'menentukan). Dalam Koptik, yang piaro kata (Sahidic) atau phiaro (Bohairic) yang berarti "sungai" (lit. p (h) IAR-o ". The.canal-besar") berasal dari nama kuno yang sama.

Sungai Dan Distribusi

Lembah sungai Nil drainase meliputi 3.254.555 kilometer persegi (1.256.591 sq mi), sekitar 10% dari luas wilayah Afrika.

Ada dua sungai besar Sungai Nil, bergabung di Khartoum: Sungai Nil Putih, dimulai di Afrika Timur khatulistiwa, dan Nil Biru, yang dimulai di Ethiopia. Kedua cabang berada di sisi-sisi barat Rift Afrika Timur, bagian selatan di Great Rift Valley. Di bawah Biru dan Putih pertemuan dengan anak sungai Nil hanya tersisa utama adalah Sungai Atbara, yang berasal dari Ethiopia utara Danau Tana, dan sekitar 800 kilometer (500 mil) panjangnya. Selama periode kering Januari hingga Juni, ada biasanya ada aliran dari Sungai Atbara. Mengalir hanya ketika ada hujan di Ethiopia dan mengering dengan sangat cepat. Ini bergabung dengan Sungai Nil sekitar 300 kilometer (200 mil) utara Khartoum.

Sungai Nil tidak biasa dalam anak sungai yang terakhir (yang Atbara) bergabung itu kira-kira setengah jalan ke laut. Sejak saat itu utara, Sungai Nil berkurang karena penguapan.

Arah sungai Nil di Sudan adalah khas. Mengalir lebih dari enam kelompok katarak, dari pertama di Aswan untuk yang keenam di Sabaloka (tepat di utara Khartoum) dan kemudian berubah mengalir ke selatan untuk sebagian yang baik tentu saja, sebelum kembali lagi mengalir ke laut utara. Ini disebut "Great Bend Sungai Nil".

Utara Kairo, Sungai Nil terbagi menjadi dua cabang (atau distributaries) yang memberi makan Mediterania: Rosetta Cabang di barat dan Damietta di timur, membentuk Delta Sungai Nil.

Lembah Nil adalah kompleks, dan karena ini, debit pada suatu titik tertentu di sepanjang mainstem tergantung pada banyak faktor termasuk cuaca, hiburan, evaporasi dan evapotranspirasi, dan aliran air tanah.

Sebelumnya Danau Tanganyika menguras utara sepanjang Afrika Rift Valley ke Nil Albert, membuat Nil sekitar 900 mil (1.400 km) lagi, sampai pada masa Miosen diblokir oleh sebagian besar Gunung Virunga.

Sejarah 

Sungai Nil (iteru di Mesir Kuno) telah menjadi penghubung peradaban di Mesir sejak Zaman Batu, dengan sebagian besar penduduk dan semua kota di Mesir beristirahat di sepanjang bagian-bagian lembah Nil Aswan berbohong utara. Perubahan iklim pada akhir zaman es terbaru menyebabkan pembentukan gurun Sahara, mungkin selama lalu sebagai 3400 SM.

Sungai Nil saat ini setidaknya lima sungai yang mengalir ke utara dari Dataran Tinggi Ethiopia. Citra satelit digunakan untuk mengidentifikasi anak sungai kering di padang pasir di sebelah barat Sungai Nil. Sebuah ngarai Eonile, sekarang diisi oleh drift permukaan, merupakan leluhur yang disebut Nil Eonile yang mengalir selama kemudian Miosen (23-5.300.000 tahun sebelum sekarang). The Eonile sedimen klastik diangkut ke Mediterania; beberapa ladang gas alam telah ditemukan dalam sedimen ini.

Selama krisis akhir-Miosen salinitas Messinian, ketika Laut Tengah merupakan cekungan tertutup dan menguap ke titik yang kosong atau hampir jadi, Sungai Nil dipotong jalannya sampai ke tingkat dasar itu baru sampai beberapa ratus meter di bawah permukaan laut dunia di Aswan dan 8.000 kaki (2.400 m) di bawah Kairo. Hal ini menciptakan jurang yang sangat panjang dan mendalam yang penuh dengan sedimen ketika Laut Tengah ulang, dan sekarang di bawah air.

Danau Tanganyika dikeringkan utara ke Sungai Nil sampai Gunung Virunga diblokir saja di Rwanda. Sungai Nil lebih panjang pada waktu itu, dengan hulu yang jauh di utara Zambia.

Sungai Nil Terpadu

Ada dua teori dalam kaitannya dengan usia Nil terpadu. Yang pertama adalah bahwa drainase yang terintegrasi dari Nil adalah usia muda, dan bahwa cekungan Nil sebelumnya dipecah menjadi serangkaian cekungan terpisah, hanya yang paling utara yang diberi sungai mengikuti program ini Sungai Nil di Mesir dan Sudan . Said (1981) mendalilkan bahwa Mesir itu sendiri disediakan sebagian besar air sungai Nil selama bagian awal sejarahnya.

Teori lain adalah bahwa drainase dari Ethiopia melalui sungai setara dengan Sungai Nil Biru dan Atbara dan Takazze mengalir ke Mediterania melalui Nil Mesir sejak baik kembali ke kali Tersier.

Salama (1987) menunjukkan bahwa selama Tersier (65.000.000-2.588.000 tahun lalu) ada serangkaian terpisah cekungan benua tertutup, dengan masing-masing cekungan menempati bagian utama dari Sudan Rift Sistem: Mellut Rift, Nil Putih Rift, Nil Biru Rift, Rift Atbara dan Sag Rift Naam El. The Mellut Rift Basin adalah hampir 12 km dalam di bagian tengahnya. keretakan ini mungkin masih aktif, dengan melaporkan aktivitas tektonik dalam batas-batas utara dan selatan. 


Sudd rawa-rawa yang merupakan bagian tengah cekungan masih dapat mereda. Nil Putih Sistem Rift, meskipun dangkal dari Bahr al-Arab, adalah sekitar 9 km dalam. eksplorasi Geofisika dari Nil Biru Sistem Rift memperkirakan kedalaman sedimen menjadi 5-9 km. Cekungan ini tidak saling berhubungan sampai amblesan mereka berhenti, dan tingkat deposisi sedimen sudah cukup untuk mengisi cekungan untuk tingkat tersebut bahwa cekungan menjadi terhubung. Sungai Nil Mesir menjadi terhubung ke Sungai Nil Sudan, yang menangkap air kepala Ethiopia dan Khatulistiwa pada tahap saat ini aktivitas tektonik di Timur Tengah dan Sudan Rift Systems. 


Sambungan dari Niles berbeda terjadi selama periode basah siklik. Sungai itu meluap Atbara cekungan yang tertutup rapat selama musim hujan yang terjadi sekitar 100.000 hingga 120.000 tahun yang lalu. Sungai Nil Biru dihubungkan dengan Sungai Nil utama selama tahun BP 70,000-80,000 periode basah. Sistem Nil Putih di Bahr El Arab dan Nil Putih perpecahan tetap menjadi danau ditutup sampai sambungan dari Nil Victoria ke sistem utama beberapa 12.500 tahun yang lalu.

3. Sungai Yangtze
Panjang : 6.300 KM

Sungai Yangtze atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Cina dan Asia, dan ketiga terpanjang di dunia. sungai sekitar 6.300 km (3.915 mi) dan mengalir dari sumbernya di Propinsi Qinghai, ke arah timur ke Timur Laut Cina di Shanghai. Bertindak sebagai garis pemisah antara Utara dan Selatan Cina, meskipun geografi umumnya menganggap garis Qinling-Sungai Huai menjadi garis resmi pembagian geografis.


Sebagai sungai terbesar di kawasan itu, Yangtze secara historis, kultural, dan ekonomis penting ke Cina. Salah satu bendungan di sungai, Three Gorges Dam, adalah hydro-listrik pembangkit tenaga listrik terbesar di dunia. Bagian dari sungai yang mengalir melalui jurang yang dalam di propinsi Yunnan adalah bagian dari Three Rivers Paralel Kawasan Lindung Yunnan: sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nama Sungai Yangtze, serta nama yang mirip lainnya seperti Sungai Yangtze, Sungai Yangzi dan Yangtze Kiang, berasal dari Yangzi Jiang (Cina disederhanakan:???; Cina tradisional:??;? Pinyin: Yangzi Jiang) Tentang suara ini mendengarkan (bantuan • info). Nama diduga berasal dari feri kuno persimpangan Yangzi (???, Jin yang berarti "Yangzi Crossing").


Dari Dinasti Ming, nama itu kadang-kadang ditulis? (Yangzi). Karena itu nama pertama didengar oleh misionaris dan pedagang, nama ini diaplikasikan dalam bahasa Inggris ke seluruh sungai. Nama Cina modern, Chang Jiang Chang Jiang (??/??), secara harfiah berarti "Sungai Panjang". (Jiang adalah Cina klasik untuk sungai) dan. Kadang-kadang juga digunakan dalam bahasa Inggris. Ia juga dikenal banyak orang sebagai 'Main Street' dari Cina.

Seperti banyak sungai, sungai ini dikenal dengan nama yang berbeda atas program tersebut. Pada sumbernya, itu disebut dalam bahasa Cina yang Dangqu (??, Dari Tibet untuk "rawa sungai"). Hilir, hal itu disebut Sungai Tuotuo (???) dan kemudian Tongtian Sungai (???, harfiah "melewati sungai surga"). Dimana berjalan melalui ngarai dalam sejajar dengan Mekong dan Salween sebelum muncul ke dataran Sichuan, ini dikenal sebagai Sungai Jinsha (? Jinsha Jiang?, Harfiah "emas pasir sungai")?. Bendungan Tiga Ngarai di sungai adalah bendungan terbesar di dunia.

Pergantian pertama Sungai Yangtze di Shigu (??), Propinsi Yunnan, di mana sungai berubah 180 derajat dari selatan-ke utara-terikat.

Daerah Aliran Sungai Yangtze

Sungai Yangtze adalah sebelumnya dikenal sebagai hanya Cina Jiang (Jiang), yang telah menjadi nama generik yang berarti? "Sungai", atau Jiang Da (? Da Jiang?, Harfiah "sungai besar"). Nama Tibet untuk sungai Drichu (Tibet: ????????; Wylie: "chu bri, lit" sungai dari perempuan yak. "). Sungai Yangtze kadang-kadang disebut sebagai Waterway Golden.

Geografi

Sungai ini berasal dari sebuah gletser berbaring di sebelah barat Geladandong Mountain di Dangla pegunungan di bagian timur dataran tinggi Tibet. Berjalan ke arah timur melalui Qinghai, memutar ke selatan menyusuri lembah di perbatasan Sichuan dan Tibet untuk mencapai Yunnan. Di sepanjang lembah ini, ketinggian sungai tetes dari atas 5000 m sampai kurang dari 1000 m. Hulu Sungai Yangtze yang terletak di ketinggian sekitar 4.900 m (16.100 kaki). Dalam keturunan ke permukaan laut, sungai jatuh ke ketinggian 305 m (1.001 kaki) di Yibin, Provinsi Sichuan, kepala navigasi untuk Kapal sungai, dan 0 m (630 kaki) di Chongqing. Antara Chongqing dan Yichang (I-ch'ang), pada ketinggian 40 m (130 kaki) dan jarak sekitar 320 km (200 mil), melewati Ngarai Yangtze, yang terkenal akan keindahan alam, tetapi berbahaya bagi pelayaran.

Ini memasuki cekungan di Sichuan Yibin. Sementara di lembah Sichuan, ia menerima beberapa anak sungai besar, meningkatkan volume air secara signifikan. Kemudian pemotongan melalui Gunung Wushan berbatasan Chongqing dan Hubei untuk menciptakan Tiga Ngarai yang terkenal. Ke arah timur dari Tiga Gorges, Yichang adalah kota pertama di Dataran Yangtze.

Setelah memasukkan Hubei, Sungai Yangtze menerima air lebih dari ribuan danau. Yang terbesar adalah Dongting Danau danau, yang terletak di perbatasan provinsi Hunan dan Hubei, dan merupakan outlet bagi sebagian besar sungai di Hunan. Di Wuhan, ia akan menerima anak sungai terbesar, Sungai Han, membawa air dari cekungan utara sejauh Shaanxi.

Di ujung utara Jiangxi, Danau Poyang, danau air tawar terbesar di Cina, bergabung ke dalam sungai. Sungai ini kemudian mengalir melalui propinsi Anhui dan Jiangsu, menerima lebih banyak air dari danau dan sungai-sungai kecil yang tak terhitung banyaknya, dan akhirnya mencapai Timur Laut Cina di Shanghai.

Empat dari lima Cina danau air tawar utama mereka untuk berkontribusi perairan Sungai Yangtze. Secara tradisional, bagian hulu Sungai Yangtze merujuk ke bagian dari Yibin ke Yichang, bagian tengah merujuk ke bagian dari Yichang ke hukou County, di mana Danau Poyang memenuhi sungai; bagian hilir dari hukou ke Shanghai. Ini adalah rumah bagi ribuan orang.

Sejarah 

Sungai Yangtze adalah penting ke asal-usul budaya Cina selatan. Aktivitas manusia ditemukan di daerah Tiga Ngarai sejauh 27.000 tahun yang lalu, memulai perdebatan tentang asal-usul orang-orang Cina. Dalam Periode Musim Semi dan Gugur, Ba dan Shu yang terletak di sepanjang bagian barat sungai, meliputi modern Sichuan, Chongqing, dan Hubei barat; Chu terletak di sepanjang bagian tengah sungai, sesuai dengan Hubei, Hunan, Jiangxi, dan selatan Anhui. Wu dan Yue yang terletak di sepanjang bagian timur sungai, sekarang Jiangsu, Zhejiang, dan Shanghai. Meskipun wilayah Sungai Kuning itu lebih kaya dan lebih berkembang pada saat itu, lebih ringan dan iklim lingkungan yang lebih damai membuat kawasan Sungai Yangtze lebih cocok untuk pertanian.

Dari Dinasti Han, wilayah Sungai Yangtze menjadi semakin penting bagi perekonomian Cina. Pembentukan sistem irigasi (yang paling terkenal adalah Dujiangyan, barat laut Chengdu, yang dibangun selama masa Perang Amerika) membuat pertanian sangat stabil dan produktif. Pada dinasti Song, daerah di sepanjang Sungai Yangtze telah menjadi salah satu yang paling terkaya dan mengembangkan bagian negara, terutama di bagian hilir sungai. Pada awal dinasti Qing, daerah yang disebut Jiangnan (yang meliputi bagian selatan Jiangsu, bagian utara Zhejiang, dan bagian tenggara Anhui) disediakan 1/3-1/2 dari pendapatan nasional.

Sungai Yangtze telah lama menjadi tulang punggung sistem air daratan Cina transportasi, yang tetap sangat penting selama hampir dua ribu tahun, sampai pembangunan jaringan kereta api nasional selama abad ke-20. Grand Canal menghubungkan Yangtze bagian bawah dengan kota-kota utama wilayah selatan Jiangnan sungai (Wuxi, Suzhou, Hangzhou) dan dengan Cina utara (semua jalan ke Beijing). Kuno kurang dikenal Lingqu Canal, yang menghubungkan Xiang hulu Sungai dengan hulu Guijiang, memungkinkan sambungan air langsung dari Basin Yangtze untuk Delta Sungai Pearl.

Secara historis, Sungai Yangtze menjadi batas politik antara Cina utara dan selatan Cina beberapa kali (lihat Sejarah Cina) karena kesulitan menyeberangi sungai. Hal ini terjadi terutama pada Dinasti Selatan dan Utara, dan Song Selatan. Banyak pertempuran berlangsung di sepanjang sungai, yang paling terkenal adalah Pertempuran Red Cliffs di 208 AD selama periode Tiga Kerajaan.

Secara politis, Nanjing adalah ibukota Cina beberapa kali, walaupun sebagian besar waktu wilayahnya hanya menutupi bagian tenggara Cina, seperti kerajaan Wu di masa Tiga Kerajaan, Dinasti Jin Timur, dan selama Selatan dan Utara Dinasti dan Lima Dinasti dan Sepuluh Kerajaan periode. Hanya Ming menduduki sebagian besar wilayah Cina dari modal mereka di Nanjing, meskipun kemudian pindah ibukota ke Beijing. Modal ROC terletak di Nanjing di, periode 1911-1912 07-1937, dan 1945-1949.

4. Sungai Mississippi
Panjang : 6.275 KM

Sungai Mississippi merupakan sistem sungai terbesar di Amerika Serikat dan terbesar di Amerika Utara. Tentang 2.320 mil (3.730 km) panjang, sungai berasal di Danau Itasca, Minnesota dan mengalir perlahan ke arah selatan di sweeping meander, mengakhiri 95 mil sungai bawah New Orleans, Louisiana dimana mulai mengalir ke Teluk Meksiko. Seiring dengan anak sungai utamanya, Sungai Missouri, sungai mengalir semua atau bagian dari 31 negara bagian Amerika Serikat yang membentang dari Pegunungan Rocky di barat sampai Pegunungan Appalachian di timur sampai ke perbatasan Kanada-AS di sebelah utara, termasuk sebagian besar yang Agung Plains, dan merupakan sungai terpanjang keempat di dunia dan sungai yang paling kuat di dunia kesepuluh.


Bentuk saat ini lembah Sungai Mississippi sebagian besar dibentuk oleh Ice Cordilleran Lembar Zaman Es terbaru. Tingkat selatan glasiasi ini juga sangat besar diperpanjang ke Amerika Serikat saat ini dan cekungan Mississippi. Ketika lapisan es mulai surut, ratusan kaki dari sedimen kaya diendapkan, menciptakan dataran rata dan subur dari Mississippi Valley. Selama mencair, sungai glasial raksasa ditemukan drainase jalan ke daerah aliran sungai Mississippi, membuat fitur-fitur seperti Sungai Minnesota, James Sungai, dan lembah Sungai Susu. 

Ketika lapisan es benar-benar mundur, banyak dari "sementara" sungai menemukan jalan ke Hudson Bay atau Samudra Arktik, meninggalkan Cekungan Mississippi dengan banyak fitur "besar" untuk sungai-sungai yang ada telah diukir pada periode waktu yang sama. Delta Sungai Mississippi telah bergeser dan berubah terus-menerus sejak pembentukan sungai, tetapi pembangunan bendungan di sungai telah banyak mengurangi aliran sedimen ke delta. Dalam beberapa tahun terakhir, mulut Mississippi telah menunjukkan pergeseran yang kokoh ke arah saluran Sungai Atchafalaya, tetapi karena floodworks di mulut sungai, perubahan tentu saja-yang akan menjadi bencana besar untuk pelabuhan laut di mulut sungai-telah diadakan di teluk.


Ratusan suku asli Amerika telah tergantung di Sungai Mississippi dan anak sungainya selama ribuan tahun. Meskipun mereka tahu sungai dengan nama yang berbeda, itu adalah firman-ziibi Ojibwe MISI, berarti Great River, atau gichi-ziibi, yang berarti Sungai Besar, yang pada akhirnya memberi nama sungai saat ini. penjelajah Eropa sampai di muara sungai sejak 1500-an dan 1600-an. Sungai sepanjang sejarah telah menjabat sebagai perbatasan untuk Perancis Baru, Baru Spanyol, dan Amerika Serikat-ukuran awal dan pentingnya membuat batas yang hebat serta lokasi strategis militer, dan kemudian, arteri penting bagi steamboats melakukan perjalanan . Penulis Mark Twain adalah salah satu tokoh paling terkenal di sungai dalam periode ini. 

Bahkan saat ini, sungai berfungsi sebagai batas-batas parsial untuk sepuluh negara, dan sebagian besar tentu saja dengan mudah dapat dilihat pada peta politik. Mississippi juga telah dikenal untuk acara banjir besar, khususnya pada abad kedua puluh yang mengalami hingga empat banjir 100 tahun. Hal ini telah menyebabkan pembangunan ratusan mil dari tanggul sepanjang hampir seluruh kursus sungai, meskipun mereka tidak selalu berhasil untuk mencegah floods.Throughout terbesar sejarah, baik untuk penduduk asli Amerika, penjelajah, atau perdagangan modern, Mississippi selalu menjadi rute navigasi utama melalui pusat Amerika Utara. Pada abad ke-19 dan 20, meskipun kedalaman yang lambat saat ini dan relatif, serangkaian bendungan dibangun di atas sungai, salah satu yang paling menonjol yang di St Anthony Falls di Minneapolis. 

Bendungan ini memudahkan navigasi untuk aliran Kapal tongkang yang membawa hasil pertanian dari Mississippi Cekungan subur ke Pantai Teluk, dan seperti Sungai Columbia, sebagian besar Mississippi juga merupakan waduk riam. Sebagian besar anak sungai yang besar-Missouri dan Ohio Sungai-juga telah dikembangkan untuk navigasi. Namun, perkembangan abad ke-20 dan 21 juga datang dengan masalah lingkungan, yang paling terkenal di antaranya adalah Teluk Meksiko yang sangat besar zona mati yang memanjang ratusan mil laut dari mulut sungai. Karena aktivitas pengerukan untuk memperdalam saluran Sungai Mississippi, banyak alam fitur seperti pasir dan meander tidak ada lagi. Upaya yang dilakukan untuk membersihkan sungai dan anak sungai, termasuk pendirian situs Taman Nasional Layanan di sungai dan pencegahan limbah pertanian mengalir ke sungai.

Geografi

Dari asal-usulnya di Danau Itasca ke St Louis, Missouri, aliran Sungai Mississippi dimoderasi oleh 43 bendungan. Empat belas bendungan ini terletak di atas Minneapolis di wilayah hulu sungai dan melayani berbagai keperluan termasuk pembangkit listrik dan rekreasi. Sisa dari 29 bendungan di pusat kota mulai Minneapolis semua berisi kunci dan dibangun untuk memungkinkan navigasi komersial atas sungai. Diambil sebagai keseluruhan ini 43 bendungan bentuk geografi secara signifikan dan mempengaruhi ekologi dari atas sungai. Awal tepat di bawah Saint Paul, Minnesota dan berlanjut sepanjang sungai atas dan bawah, Mississippi adalah lebih dikendalikan oleh ribuan sayap yang moderat tanggul aliran sungai untuk menjaga saluran navigasi terbuka dan mencegah sungai dari erosi tepi sungai.

Sungai Mississippi mengalir melalui 10 negara dan digunakan untuk menentukan bagian-bagian dari perbatasan negara-negara ini '. Tengah sungai pada saat perbatasan didirikan adalah baris untuk menentukan batas antara negara. sungai tersebut sejak itu telah bergeser, namun batas-batas negara dari Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Arkansas, Tennessee, dan Mississippi tidak berubah, mereka masih mengikuti tempat tidur mantan Sungai Mississippi sebagai pendirian mereka.

Titik terlebar dari Sungai Mississippi adalah Danau Winnibigoshish, dekat Grand Rapids, Minnesota, di lebih dari 7 mil (11 km) di. Juga untuk dicatat adalah Danau Onalaska, dekat La Crosse, Wisconsin, di mana sungai lebih dari 4 mil (6,4 km) lebar (diciptakan oleh Kunci dan Bendungan No 7) dan Danau Pepin di lebih dari 2 mil (3.2 km) lebar. Namun, dua yang pertama daerah adalah danau atau waduk daripada air yang mengalir bebas. Di daerah-daerah lain di mana Mississippi adalah sebuah sungai mengalir (selain Lake Pepin), melampaui 1 mil (1,6 km) dengan lebar di beberapa tempat di hilir.

Sungai Missouri mengalir dari pertemuan dari Jefferson, Madison dan Gallatin Sungai dan merupakan sungai terpanjang di Amerika Serikat. Secara bersama-sama, Jefferson, Missouri, dan Mississippi membentuk sistem sungai terpanjang di Amerika Utara. Jika diukur dari sumber di Spring Brower Jefferson's, ke Teluk Meksiko, panjang kombinasi Mississippi-Missouri-Jefferson adalah sekitar 3.900 mil (6.300 km), membuat kombinasi 4 sungai terpanjang di dunia. Paling atas 207 mil (333 km) dari sungai ini dikombinasikan disebut Jefferson, terendah 1.352 mil (2.176 km) merupakan bagian dari Mississippi, dan intervensi 2.341 mil (3.767 km) disebut Missouri.

Sungai Arkansas adalah terpanjang kedua anak sungai Sungai Mississippi. Diukur dengan volume air, yang terbesar dari semua anak sungai Mississippi adalah Sungai Ohio.

Sungai Mississippi dibagi ke dalam Mississippi atas, dari sumbernya selatan ke Sungai Ohio, dan Mississippi lebih rendah, dari Ohio ke muaranya di dekat New Orleans.

Sejarah 

lembar Es selama Tahap Illinoian sekitar 300.000 sampai 132.000 tahun sebelum sekarang, memblokir Mississippi dekat Rock Island, Illinois, mengalihkan ke saluran saat ini lebih jauh ke barat, perbatasan barat saat Illinois.

Terusan Hennepin kasar berikut saluran kuno dari Mississippi dari hilir ke Hennepin Rock Island. Selatan Hennepin, Illinois, Illinois saat ini Sungai sebenarnya mengikuti saluran kuno dari Sungai Mississippi ke Alton, Illinois, sebelum Tahap Illinoian.

Perubahan lain dalam sungai terjadi karena gempa bumi di sepanjang New Madrid Seismic Zone, yang terletak di antara Memphis dan St Louis. Tiga gempa bumi pada tahun 1811 dan 1812, diperkirakan sekitar 8 pada skala Richter besar, yang dikatakan memiliki membalik sementara program dari Mississippi. Penyelesaian Lamunanku, Tennessee terputus dari Tipton County, Tennessee, selama 1811 dan 1812 gempa bumi dan ditempatkan di sisi barat Sungai Mississippi, Arkansas sisi. Gempa ini juga menciptakan Reelfoot Danau di Tennessee dari lansekap diubah dekat sungai. The faulting berhubungan dengan suatu aulacogen (istilah geologi untuk keretakan gagal) yang dibentuk pada saat yang sama dengan Teluk Meksiko.

Melalui proses alami yang dikenal sebagai switching delta, Sungai Mississippi telah bergeser lebih rendah tentu saja akhirnya ke mulut Teluk Meksiko setiap seribu tahun atau lebih. Hal ini terjadi karena deposit lumpur dan sedimen mulai menyumbat saluran tersebut, meningkatkan tingkat sungai dan menyebabkan ia akhirnya menemukan rute, curam lebih langsung ke Teluk Meksiko. The distributaries ditinggalkan berkurang volume dan bentuk apa yang dikenal sebagai bayous. Proses ini, selama 5.000 tahun terakhir, menyebabkan garis pantai selatan Louisiana untuk memajukan arah Teluk 15-50 mil (25-80 km). Delta lobus sedang aktif disebut Delta Birdfoot, setelah bentuknya, atau Delta Balize, setelah La Balize, Louisiana, pemukiman Perancis pertama di muara Mississippi.

5. Sungai Yenisei
Panjang : 5.539 KM 

Yenisei juga ditulis sebagai Yenisey, adalah sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Rising di Mongolia, ia mengikuti kursus utara ke Teluk di Laut Yenisei Kara, pengeringan sebagian besar Siberia tengah, sungai terpanjang setelah Yenisei-Angara-Selenga-Ider.


Mencapai bagian atas, dikenakan jeram dan banjir, melewati daerah jarang penduduknya. Bagian tengah dikontrol oleh serangkaian bendungan listrik tenaga air besar mendorong industri primer signifikan Rusia. Sebagian dibangun oleh gulag tenaga kerja di masa Uni Soviet, kontaminasi industri tetap menjadi masalah serius di daerah sulit untuk polisi. Bergerak pada melalui Taiga jarang penduduknya, yang Yenisei membengkak dengan banyak anak sungai dan akhirnya mencapai Laut Kara di tundra sunyi di mana ia terkepung oleh es selama lebih dari setengah tahun.


Kedalaman maksimum Sungai Yenisei adalah 80 kaki (24 m) dan kedalaman rata-rata adalah 45 kaki (14 m). Kedalaman aliran sungai adalah 106 kaki (32 m) dan arus masuk adalah 101 kaki (31 m).

Ekologi

Yenisei lembah Sungai merupakan habitat bagi berbagai flora dan fauna, dengan pinus Siberia dan Siberia larch jenis pohon yang terkenal. Dalam prasejarah pinus Skotlandia kali, Sylvestris Pinus adalah melimpah di sekitar lembah Sungai Yenisei 6000 SM. Ada juga jenis burung yang banyak hadir di DAS, termasuk, misalnya Hooded gagak, Corvus cornix.

Navigasi

Tim pertama untuk menelusuri seluruh panjang Yenisey, termasuk kekerasan atas anak sungai di Mongolia, adalah upaya Australia-Kanada selesai pada bulan September 2001. Ben Kozel, Tim Cope, Colin Angus dan Remy Quinter berada di tim ini. Kedua Kozel dan Angus menulis buku rincian ekspedisi ini, dan dokumenter diproduksi untuk National Geographic Television.

Sejarah

Kuno suku nomaden seperti orang Ket dan orang-orang Yugh tinggal di sepanjang tepi sungai. Para Ket, berjumlah sekitar 1000, adalah hari yang selamat hanya mereka yang awalnya tinggal di Siberia selatan pusat dekat tepi sungai. punah kerabat mereka termasuk Kotts, Assans, Arins, Baikots, dan Pumpokols yang tinggal hulu sungai lebih jauh ke selatan. Para Ket modern tinggal di daerah timur tengah sungai sebelum berasimilasi politik ke Rusia selama 17 sampai abad ke-19.

Rusia pertama mencapai Yenisei atas tahun 1605, perjalanan dari Sungai OB, sampai Sungai Ket, portaging dan kemudian menuruni Yenisei sejauh Sungai Sym. Pada 1607 mereka pergi ke timur sampai Sungai Angara dan di selatan menuju Krasnoyarsk 1608. Yeniseisk di persimpangan Ket-Angara didirikan tahun 1619 dan hulu Krasnoyarsk pada tahun 1628. Pada 1607 yang lebih rendah Yenisei tercapai dari Mangazeya, dengan pendiri Turukhansk mulut Tunguska Hilir. Mulut Yenisey dicapai pada tahun 1610 dan Tunguska Stony beberapa waktu sebelum 1626.

Selama Perang Dunia II, Nazi Jerman dan Kekaisaran Jepang setuju untuk membagi Asia sepanjang garis yang mengikuti Sungai Yenisei ke perbatasan Cina, dan kemudian sepanjang perbatasan Cina dan Uni Soviet, batas utara dan barat Afghanistan, dan perbatasan antara Iran dan India (yang sekarang Pakistan itu merupakan bagian dari India). Nazi Jerman direncanakan untuk mendirikan sebuah Reichskommissariat Barat Siberien antara Pegunungan Ural dan Sungai Yenisei untuk perumahan di kamp konsentrasi sebagai buruh budak bagi industri orang Slavia yang tidak sedang bekerja sebagai budak di kebun petani dari Jerman barat pegunungan Ural. Sejak Axis kehilangan Perang Dunia II, rencana ini tidak pernah dilaksanakan.

0 Response to "Sungai Terpanjang Di Dunia"

Posting Komentar