Internet di Tahun 70 an

Bagi kita saat ini, mungkin untuk mengakses internet adalah hal yang sangat mudah. Namun, apakah anda pernah membayangkan jika kita hidup pada 30 tahun yang lalu dan ingin mengakses internet. Pasti kita akan kesulitan untuk mendapatkan informasi yang kita cari.


Cikal bakal internet sebenarnya sudah ada sejak tahun 70 an. Akan tetapi teknologi dan penyebarannya masih sangat terbatas. Nah, pada tahun 1978, seorang penggiat computer bernama Ward Christensen mempunyai ide untuk menciptakan sebuah system komunikasi yang memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh. Ward dibantu dengan temannya yang bernama Randy Suess berhasil menciptakan sebuah alat yang diberi nama BBS (Bulletin Board System) yaitu system yang memungkinkan pengguna computer bisa berkomunikasi melalui modem dan telepon rumah.

BBS resmi diluncurkan pada 16 Februari 1978 di Chicago dan diberi nama CBBS (Computerized Bulletin Board System). System ini memungkinkan pengguna bermain game online, mendownload dan upload, memposting berita, dan yang lainnya. Namun hal tersebut masih sangat sederhana, sebagian besar masih didominasi dengan teks. Untuk bisa menggunakan BBS, pengguna harus memasang modem, lalu dial nomor khusus dan BBS akan memunculkan layar login.

Namun, BBS memerlukan waktu yang lama untuk loading. Anda bahkan bisa memasak mie dan membuat kopi untuk menunggu waktu loading BBS itu sendiri. Jika kita hendak me-reply postingan di forum melalui BBS, anda harus menunggu waktu hingga berbulan-bulan untuk dapat terposting di layar. Anda bisa membayangkan, betapa ribetnya system itu. Untuk masalah biaya, pengguna harus membayar tagihan telepon tiap bulan. Umumnya, pengguna harus membayar tagihannya USD 10 per jam. Bayangkan betapa mahalnya biaya untuk menikmati fasilitas itu.

Untuk menikmati system BBS, kita harus merogoh kocek hingga USD 3000 untuk seperangkat computer yang sudah BBS-ready semacam Atari, Apple 2, atau Commodore 64. Mungkin kita menganggap BBS itu kampungan dan mahal. Namun itulah leluhur dari system internet yang kita bisa nikmati saat ini. Meskipun saat ini BBS telah tiada, namun BBS telah menjadi pelopor berkembangnya system internet yang memungkinkan komunikasi dan interaksi antar sesame penduduk bumi yang berjauhan dan tak mengenal satu sama lain.

0 Response to "Internet di Tahun 70 an"

Posting Komentar