PIPA Touch, Amankan Smartphone dengan Sidik Jari

Saat ini ada beragam cara untuk diterapkan, mulai dari nomor PIN, pola kunci, pengenalan wajah dan bahkan ilmuwan mengembangkan detak jantung untuk menggantikan password. Lantas bagaimana dengan sidik jari? Sayangnya fingerprint lock terbatas penggunaannya pada laptop. Namun tampaknya cara ini akan segera dapat diterapkan pada smartphone berkat PIPA Touch biometric security system. 


PIPA Touch merupakan wireless fingerprint scanner yang terintegrasi dengan cover ponsel, sehingga memungkinkan pengguna untuk unlock ponsel mereka dengan menekan scanner di bagian belakang handset. Meski saat ini hanya dirancang untuk iPhone 4/4S, iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3, secara teknis perangkat akan bekerja dengan smartphone yang menggunakan Bluetooth.

Sistem ini bekerja dengan menghubungkan sidik jari yang dipindai ke dalam kode akses alfanumerik 16 karakter. Ketika menekan sidik jari untuk membuka kunci ponsel, scanner nirkabel akan memasukkan passcode yang disimpan ke dalam perangkat dan memberikan akses pada penggunanya. Dengan ini pengguna mendapatkan keamanan sekaligus kemudahan dengan password acak 16 karakter tanpa harus mengingatnya.

Selain itu developer juga bermaksud memperluas gagasan ke dalam PIPA Wallet, yang dapat menghubungkan rincian kartu kredit untuk transaksi online ke sidik jari pengguna. Mereka juga ingin mengembangkan PIPA Pasport yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi diri hanya dengan sebuah smartphone dan jari. 

Saat ini tim pengembangan tengah menggalang dana untuk membantu mewujudkan ide tersebut menjadi produk massal. PIPA menargetkan dana sebesar $100.000 melalui Indiegogo sebelum 3 Januari 2013. Tertarik berpartisipasi?










0 Response to "PIPA Touch, Amankan Smartphone dengan Sidik Jari"

Posting Komentar