Toyota Kijang adalah model kendaraan niaga dan keluarga buatan Toyota yangmerupakan kendaraan paling populer untuk kelas MiniBus di Indonesia . Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1977 dan saat ini merupakan salah satu model yang diusung Toyota dan paling laku di negara tersebut. Kini mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia.
Kesuksesan Toyota Kijang telah berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep dari Toyota Kijang (terutama dari segi nama hewan), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda . Selain di Indonesia, sebelum hadirnya generasi "Innova" , Toyota Kijang juga dijual di Malaysia dengan nama "Unser" .
.
Generasi I (1977-1980).
Sejarah Produksi
Peluncuran perdana dari Toyota Kijang generasi pertama adalah pada tahun 1977 . Dimana saat itu terdapat keraguan dari para perancangnya, tentang apakah Kijang dapat diterima oleh pasar Indonesia.
Keraguan tersebut disebabkan karena Mitsubishi Colt merupakan jenis kendaraan yang mendominasi pasar mobil mini bus pada saat itu. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan konsep pickup dengan bentuk kotak mendasar. Model ini sering dijuluki "Kijang Buaya" karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi hinggapada tahun 1980 .
Generasi II (1981-1985)
.
Generasi II mulai dijual pada September 1981 . Bentuk model ini tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya,namun memiliki beberapa perubahan yang di antaranya adalah peningkatan kapasitas silinder mesin menjadi 1.300 cc (naik 100 cc). Kapasitas ini kemudian dinaikkan lagi hingga 1.500 cc.
Generasi III (1986-1996)
.
Pada tahun 1986 model generasi ketiga dilempar ke pasaran. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. Model ini hingga saat ini masih banyak digunakan di jalanan di Indonesia meski tidak lagi diproduksi.
Generasi IV (1997-2004)
..
Setelah sepuluh tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya yang lebih aerodinamis. Model ini akrab dipanggil "Kijang Kapsul".
Generasi V (2004-sekarang)
.
Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama"Kijang Innova". Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama"Innova" (tanpa "Kijang").
Model ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah.
Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik , terutama di bagian depan kendaraan, dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.
0 Response to "Toyota Kijang Dari Masa Ke Masa"
Posting Komentar