Alasan Apple Harus Buat iPhone Murah


iPhone Mini, iPhone murah, atau apapun sebutannya telah santer terdengar bahkan sejak 2011 lalu. Faktanya, hingga saat ini Apple belum ada gelagat untuk merilis model iPhone yang dimaksud. Namun para pengamat begitu meyakini bahwa Apple akan rilis sebuah iPhone versi murah pada tahun 2013 ini. Apa alasannya?


1. Dominasi Android
Dari banyak alasan, Android adalah alasan utama Apple harus turut bersaing di kelas smartphone murah. Namun perlu digarisbawahi bahwa pengartian kata ‘murah’ di sini tentu saja bukan seperti Android smartphone buatan Samsung yang tersedia dalam berbagai varian harga, termasuk di kisaran 1 jutaan rupiah. ‘Murah’ bagi Apple adalah tidak lebih mahal dari iPhone yang ada di pasaran saat ini.

Pangsa pasar smartphone Android buatan Samsung yang semakin menguat juga menjadi faktor penting bagi Apple untuk segera merilis iPhone versi murah. Sejumlah pengamat bahkan mengatakan Samsung telah jauh meninggalkan Apple dalam penjualan smartphone: 64 juta vs. 45 juta unit.  Meski Samsung bukan satu-satunya produsen smartphone Android, tetapi riset menunjukkan bahwa 3 dari 4 smartphone yang laku di pasaran adalah ponsel Android.

2. Pasar smartphone China
China adalah pasar ponsel terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Tak dipungkiri setiap produsen ponsel atau gadget lain selalu ingin menaklukkan konsumen China, tak lepas dari jumlah penduduknya yang sangat besar. Tahun 2012 lalu Apple menunjukkan peningkatan signifikan di pasar ponsel China dengan iPhone, juga iPad, semakin banyak digunakan di negara tersebut. Namun dukungan pemerintah China terhadap perkembangan industri ponsel lokal tampaknya menjadi sandungan tersendiri bagi Apple.

Bagaimana tidak, menjamurkan produsen ponsel lokal China yang menawarkan ponsel dengan harga murah menjadikan Apple harus keluar dari daftar produsen ponsel paling diminati di China. Yang lebih buruk, para produsen lokal tersebut sebagian besar mengadopsi Android untuk produk-produknya sehingga menyebabkan Apple harus menelan kekalahan dua kali. Apple diharapkan bisa memberikan alternatif baru di pasar smartphone murah China dengan menghadirkan model iPhone murah tahun ini.

3. Rencana penghentian subsidi oleh opsel
Di Amerika dan Eropa, opsel harus memberikan subsidi bagi konsumen yang ingin membeli ponsel, terutama yang harganya mahal. Selama bertahun-tahun kebijakan itu bukan menjadi hal yang disukai pihak opsel, terlebih jika mereka harus memberikan subsidi untuk membayar harga iPhone yang sangat tinggi. Opsel T-Mobile bahkan telah mengumumkan akan menghentikan subsidi bagi iPhone. Opsel besar seperti Verizon dan AT&T juga tengah mempertimbangkan untuk menghentikan subsidinya.

Meskipun pihak opsel saat ini belum menghentikan subsidi mereka tapi harus diakui dihentikannya subsidi akan berdampak besar pada kas Apple. Tanpa subsidi, konsumen akan melihat harga iPhone yang jauh di atas harga yang pernah mereka lihat sebelumnya. Jika ingin terus laku, Apple harus memotong harga iPhone, mengurangi laba, atau membuat sebuah iPhone model baru yang harganya jauh lebih murah dari iPhone 5.




0 Response to "Alasan Apple Harus Buat iPhone Murah"

Posting Komentar