OS Baru dan Facebook Phone

Ada banyak spekulasi tentang apa yang akan diumumkan Facebook di acara tersebut. Namun melihat tagline “Come and see what we’re building,” Anda bisa berharap ada sebuah Facebook phone atau sebuah Facebook OS baru yang dihadirkan oleh Zuckerberg.


Rumor mengenai sebuah Facebook Phone telah lama berkembang. Sebelumnya HTC telah mengembangkan HTC Salsa dan Chacha yang merupakan Android smartphone dengan sebuah tombol FB yang memungkinkan user untuk langsung membuka aplikasi Facebook saat menekan tombol tersebut. Dan baru-baru ini, muncul pula spekulasi bahwa Facebook akan bekerjasama dengan RIM dalam menghadirkan sebuah BlackBerry-Facebook Phone. Apakah benar demikian?

Sementara tak satupun spekulasi di atas terbukti kebenarannya, rumor terbaru justru menyebutkan adanya Facebook OS yang akan diumumkan oleh Zuck esok hari. M.G. Siegler dari situs TechCrunch pad sabtu lalu (12 Jan) menjelaskan:

Dalam kisah The Lord of the Rings, saat kekuatan Sauron menangkap Gollum, mereka menyiksanya di Mordor tetapi hanya mendapatkan 2 hal darinya: “Shire” dan “Baggin”. Dalam beberapa hari terakhir, kita telah mendapatkan kekecewaan serupa dalam usaha melacak apa yang akan diungkap dalam Facebook event yang akan diselenggarakan Selasa esok. Selain mencoba menghubungi banyak orang yang kemungkinan tahu [mengenari Facebook event], satu-satunya yang bisa dilihat dan kami yakini akan muncul adalah ‘sebuah hal yang sangat penting’ dan ‘mobile’.

Menarik tetapi sangat tidak jelas. Tapi kami berusaha keras. Dan kini kami memiliki sedikit informasi. Dan informasi itu mengarah ke Facebook Phone atau semacamnya.


Jika bocoran informasi mengenai Facebook Phone tersebut benar, bagaimana dengan hardware yang dipakai? Seperti diketahui Facebook tidak memiliki latar belakang desain dan pengembangan hardware. Apakah benar Facebook akan menggandeng HTC atau BlackBerry? 

Tampaknya siapa yang akan digandeng Facebook untuk urusan hardware masih sangat kabur kejelasannya. Tapi untuk urusan OS, Siegler tampaknya memiliki informasi yang layak Anda cermati,

Bagaimana dengan OS-nya? Bagaimana Facebook melakukannya? Detilnya sangat sedikit yang bisa disampaikan tetapi yang jelas akan menjadi ancaman bagi Android. OS Facebook memungkinkan untuk menjalankan ratusan aplikasi yang telah ada di app store. Amazon sukses melakukan hal seperti itu melalui tablet Android Kindle Fire (dan nantinya pada smartphone Amazon), dan sekarang saatnya Facebook melakukan hal serupa.


Facebook bisa saja memanfaatkan WebOS milik HP tetapi bisa pula Zuck lebih memilih mengembangkan software buatan internal Facebook. 





0 Response to "OS Baru dan Facebook Phone"

Posting Komentar