Xiaomi akan Perluas Pasar ke Amerika Serikat Tahun Depan


Nama Xiaomi mungkin tidak begitu dikenal di Amerika Serikat atau di luar China. Tapi di negara asalnya, China, produsen ini telah meraih kesuksesan yang cukup besar melalui penjualan smartphone M-series. Jika sebelumnya dikabarkan akan merambah pasar Asia dan Eropa, kali ini Xiaomi berencana memperluas jangkauannya ke AS di tahun 2014 atau awal 2015. 


Menurut laporan dari CNET Asia, produsen China tersebut telah menjual 7,12 juta unit smartphone, dengan total pendapatan sekitar $2 miliar. Untuk ukuran smartphone yang hanya tersedia di satu negara, angka ini tentu sangat mengesankan. Dan yang lebih mengejutkan, perusahaan merugi karena menjal ponsel di bawah nilai yang sebenarnya.

Namun ini semua adalah bagian dari strategi. Smartphone Xiaomo MI2 dijual di China dengan harga $313, sementara mereka membutuhkan biaya produksi $60 lebih dari harga tersebut untuk membuatnya. Dilengkapi dengan 1,5GHz quad core Snapdragon Krait processor, 2GB RAM, 720p display dan 16GB storage. 

Lantas kenapa Xiaomi nekat menjualnya dengan harga minim? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ini merupakan bagian rencana dari Xiaomi untuk mendapatkan pasar dan mengedarkan produk. Dan strategi pun berjalan, bahkan banyak yang menyamakan Xiaomi MI2 dengan iPhone versi Android. 

Mampukah Xiaomi membuka jalannya di Amerika Serikat? Jawabannya bukan tidak mungkin, tetapi juga tidak mudah, mengingat saat ini sejumlah produsen teratas seperti Samsung masih mendominasi. Belum lagi nama-nama besar lain seperti HTC, KG dan Motorola yang masih dipercaya. OEM seperti Huawei telah meretas jalan di pasar AS dan masih belum cukup berhasil.

Namun jika Xiaomi berencana menjual lini smartphone mereka dengan harga yang sama dengan saat ini, tampaknya akan cukup sulit. Well.. kita nantikan saja langkah dan strategi seperti apa yang akan diterapkan Xiaomi ke depannya.






0 Response to "Xiaomi akan Perluas Pasar ke Amerika Serikat Tahun Depan"

Posting Komentar