Samsung Umumkan Exynos 5 Octa: Prosesor 8 Core Dengan Komposisi big.LITTLE (CES 2013)


Masih mengambil tempat di ajang CES 2013, kini ganti Samsung yang menyita perhatian lewat pengumuman prosesor Exynos terbaru mereka. SoC terbaru Samsung tersebut dijuluki sebagai Exynos 5 Octa, prosesor 8-core yang menggunakan arsitektur big.LITTLE seperti yang telah kabarkan beberapa bulan yang lalu.


Prosesor ini terdiri dari 2 buah cluster quad-core: ARM Cortex-A15 untuk menangani aplikasi-aplikasi berat, dan Cortex-A7 untuk menangani aplikasi-aplikasi standar sekaligus menghemat konsumsi energi baterai.

Prinsip dasar dari komposisi big.LITTLE ini bukanlah sesuatu yang baru, prosesor untuk perangkat mobile yang beredar pada saat ini telah mampu mengubah frekuensi dan juga tingkat voltase di tengah-tengah aplikasi, juga beroperasi dengan kecepatan biasa ketika aplikasi yang sedang digunakan tidak membutuhkan kecepatan penuh. SoC ini juga bukan SoC pertama yang menggunakan jenis core yang berbeda untuk tugas-tugas berat dan ringan.

Namun Samsung mengatakan bahwa Exynos 5 Octa ini akan mampu memotong tingkat konsumsi energi baterai hingga 70 persen jika dibandingkan dengan Exynos 5 Dual, karena aplikasi standar akan mampu ditangani oleh cluster quad-core A7. Cluster quad-core A15 dalam Exynos 5 Octa juga akan menjadikannya lebih cepat daripada Exynos 5 Dual yang masih menggunakan cluster dual-core A15 (seperti dalam nexus 10).

Samsung mengatakan bahwa prosesor ini akan menghadirkan performa 3D dua kali lipat lebih baik daripada berbagai prosesor untuk perangkat mobile generasi sebelumnya, termasuk Exynos 4 Quad. Well, tahun 2013 tampaknya akan menjadi perang antara Tegra 4, Snapdragon 800 dan juga Exynos 5 Octa. Manakah yang akan menjadi pilihan utama Anda?








0 Response to "Samsung Umumkan Exynos 5 Octa: Prosesor 8 Core Dengan Komposisi big.LITTLE (CES 2013) "

Posting Komentar