Cara Asyik Memotret dengan Kamera Smartphone Menggunakan Filter Flash Buatan Sendiri


Kondisi kurang maksimal yang biasanya terjadi ketika memotret dengan bantuan lampu flash adalah timbulnya bayangan hitam di sekitar tepi foto atau yang disebut vignette. Bayangan ini terjadi karena sebaran cahaya flash hanya fokus pada bagian center dan tidak merata. Bahkan jika dalam ruangan indoor ada sumber cahaya lain, biasanya hasil foto akan menjadi belang. Hal ini disebabkan karena suhu cahaya pada flash tidak sama dengan suhu cahaya dalam ruangan.

Dalam kasus tersebut, jika Anda mengambil foto tanpa menggunakan lampu flash (no edit) hasilnya adalah cenderung kusam. Tapi jika dipaksakan diambil dengan lampu flash, maka meskipun detail lebih menonjol tapi white balance menjadi belang (putih pada area bawah foto dan kemerahan pada area atas foto) serta terbentuk vignette pada area kanan atas foto.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi minimnya cahaya, yaitu dengan menggunakan filter flash. Tapi tunggu dulu, bukankah smartphone tidak memiliki filter flash seperti flash SLR yang telah disediakan filter flash. Well.. Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa membuat filter flash buatan Anda sendiri.

Anda bisa membuat filter flash dengan memanfaatkan potongan plastik yang ditempel menggunakan tip transparan. Lalu plastik apa yang paling tepat untuk digunakan sebagai filter? Salah satu contohnya Anda bisa menggunakan plastik sampul map karena bentuknya yang tebal dan dove (tidak bening).

Cara membuat filter adalah dengan memotong kecil-kecil sampul map lalu menempelnya menggunakan tip transparan pada sekitar kamera smartphone. Perlu dicatat agar Anda menyesuaikan warna potongan sampul map dengan cahaya ruangan yang ingin Anda foto. Misalnya, ruangan menggunakan lampu berwarna adak kekuningan, maka sebaiknya Anda menggunakan tip berwarna orange. Dan hasilnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara pemasangan filter pada kamera smartphone:


Hasil foto tanpa lampu flash. Hasilnya cenderung buram.


Diambil menggunakan lampu flash detil lebih menonjol tapi white balance menjadi belang (putih pada area bawah foto dan kemerahan pada area atas foto) serta terbentuk vignette pada area kanan atas foto.


Diambil menggunakan filter flash. White balance lebih merata dan warna menjadi lebih detail dan cerah:


*Tips ini adalah kontribusi @johjuda dari memotret.com




Tanx To:

0 Response to "Cara Asyik Memotret dengan Kamera Smartphone Menggunakan Filter Flash Buatan Sendiri"

Posting Komentar