Samsung Beralih Gunakan GPU Favorit Apple Untuk Exynos 5 Octa


Minggu lalu Samsung telah mengumumkan prosesor 8-core dengan komposisi big.LITTLE (quad-core Cortex A7 + quad-core Cortex A15) Exynos 5 Octa di ajang CES 2013. Sayangnya dalam pengumuman tersebut tidak memberikan keterangan apapun tentang konfigurasi GPU yang digunakan.


Mengingat bahwa dalam Exynos 5 Dual Samsung masih menggunakan GPU ARM Mali-T604, maka mudah untuk menyimpulkan bahwa Samsung masih akan menggunakan GPU yang sama dalam Exynos 5 Octa. Namun menurut informasi terbaru dari para sumber AnandTech, Samsung kabarnya telah meninggalkan penggunaan GPU Mali dan beralih menggunakan GPU langganan Apple: PowerVR.

Model PowerVR yang digunakan adalah PowerVR SGX 544MP3 dengan kecepatan 533MHz. GPU 544 ini mirip dengan seri 543 yang digunakan Apple dalam chip A5/A5X, namun dengan penambahan DirectX 10 serta settingan triangulasi yang 2 kali lipat lebih cepat. Melihat tingkat frekuensi maksimal yang sangat agresif tersebut, kualitas grafis maksimal dari Exynos 5 Octa kemungkinan akan berada di antara chip A5X dan A6X milik Apple. *dengan catatan rancangan interface memori Samsung juga se-efisien rancangan Apple









0 Response to "Samsung Beralih Gunakan GPU Favorit Apple Untuk Exynos 5 Octa"

Posting Komentar