Smartphone Android dengan 2 Layar Display

Selain produk televisi dan juga sejumlah phablet dari para produsen Android, ada sebuah smartphone Android unik yang ikut serta di ajang CES 2013 ini. YotaPhone, smartphone yang menggunakan 2 buah layar display dan telah diumumkan pada bulan Desember kemarin, ikut unjuk gigi dalam salah satu pameran teknologi tahunan yang diselenggarakan di AS ini.



Perangkat YotaPhone yang dipamerkan ini statusnya masih prototype, dan ditargetkan siap beredar pada kuartal ke-4 tahun ini. Seperti yang telah Anda ketahui, 2 layar display tersebut adalah panel LCD di bagian depan dan sebuah e-ink display di bagian depan. Keduanya berukuran 4,3 inci, dan e-ink di bagian belakangnya akan selalu aktif karena tidak mengkonsumsi energi baterai sama sekali.

Yota tidak menggunakan tombol navigasi Android sama sekali, dan sebagai gantinya, Yota menggantungkan seluruh interaksi dari gesture si pengguna. Untuk masalah desain, e-ink display di bagian belakang terlihat agak cembung. Software yang digunakan saat ini juga masih dalam tahap beta, tapi apa yang telah bisa dilakukan oleh YotaPhone ini tampak cukup menjanjikan.

Contohnya, Anda bisa men-drag 2 jari Anda dari atas ke bawah, dan apapun yang ditampilkan di layar LCD akan disimpan sebagai screenshot dan langsung ditampilkan di e-ink display pada bagian belakang. Fitur ini jelas sangat berguna ketika Anda ingin membaca sebuah email, membuka peta atau halaman web yang ingin Anda baca di lain waktu bukan?

Aplikasi yang dirancang untuk e-ink display berfungsi layaknya widget setting menu, dab setelah Anda menyesuaikannya sesuai keinginan Anda, cukup tekan sebuah tombol untuk mengirimkannya ke e-ink display. Layar e-ink tersebut juga memiliki sebuah touchpad kecil untuk membalik halaman dari sebuah ebook, atau untuk melakukan multitasking dari berbagai item yang ditampilkan.

Terobosan terbesar yang hadir dalam YotaPhone adalah kemampuan untuk menampilkan segala macam informasi yang butuh Anda akses secara konstan (seperti jam, kalender, informasi cuaca, email-email terbaru), tanpa melalui berbagai proses yang lama. Hal tersebut bisa dimungkinkan karena informasi-informasi tersebut telah muncul di bagian e-ink display secara konstan, tanpa mengkonsumsi energi baterai dalam jumlah besar dan tampak cukup jelas di outdoor.

Akankah terobosan ini akan mampu mengilhami para vendor besar untuk menghadirkan fitur dual-screen dalam produk terbaru mereka? Simak foto-fotonya dari Android Police berikut ini:








            






0 Response to "Smartphone Android dengan 2 Layar Display"

Posting Komentar